HIDUP, MATI, JODOH DAN REZQI

Hidup,mati ,jodoh dan rezqi  ada di tangan Alloh kita sebagai manusia hanya berhak utuk berikhtiar namaun segala keputusannya ada di tanganNya.

Dari ke 4 hal tersebuat baik hidup,mati ,jodoh dan rezqi  seringkali hanya rezqi yang selalu kita sibukan untuk mencarinya karena merasa hidup masih di nikmati udara masih bisa kita hirup tanpa harus membeli..seakan-akan mati pun masih terasa jauh,dan hampir kita tidak pikirkan hal itu.sedangkan jodoh tinggal menjalani..!

Kita mungkin akan merasa sedih jika di jauhkan dengan rezeki dan akn merasa senang jika mendapat rezeki yang banyak. Bahkan kita akan menjadi religious manakala dalam kesusahan.rajin berdo’a beribadah apapun rajin ke masjid dan rajin bersedekah meskipun hanya sedikit. Namun sebaliknya manakala kita dalam kelonggaran,berlimpahan rezqi maka kita seringkali merasa jauh dengan Alloh bahkan sering lupa berdo’a. jika di waktu susah sholat berjamaah jadi kebutuhan tapi  ketika masa longgar  sholat berjamaah jadi gangguan.dan jika dalam keadaan susah sholat kita bisa khusuk namun ketika dalam keadan berlimapah rezqi sholat hanya asal-asalan sesempatnya saja..!Naudzubillah min dzalik.

Seolah-olah harta dan dunia adalah segala-galanya.padahal dunia ini semakin kita kejar akan semakin jauh dan menjauhi kita,jika seseorang sudah punya rumah pasti pengan punya mobil dan kalau udah punya mobil pengen renovasi rumah terus dan seterusnya ada saja keinginanya yang tidak pernah selesai..!

Contoh kisah  dari Ali bin Adi Tholib.

Suatu hari beliu baru pulang dan Fatimah menyambut kedatangaNya yang seharian suaminya mencari rezqi dengan hati yag gembira Fatimah menyambutnya siapa tau bawa rezqi yng banyak  tapi ternyata Ali tidak membawa uang sepeserpun.. namun Fatimah selalu tersenyum  dan berkata yang memiliki kuasa atas rezqi kita adalah Alloh SWT.kemudian jawab Ali ..terimakasih  istriku..! padahal persedian dapur sudah habis tapi Fatimah tidak  menunjukan sikap kecewa atau sedih beliau selalu tawakal pada Alloh SWT.

Kemudian Ali berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat berjama’ah.sepulang dari sholat Ali bertemu denagn seorang tua dan berkata orang tua itu “ maaf anak muda apakah engkau yang bernama Ali anaknya Abu Tholib?” Ali kemudianmenjawab Betul. Ada apa Tuan? Kemudain orangtua itu merogoh kantong dan  memberikan sejumlah uang sebesar 30 dinar seraya berkata  dahulu ayahmu pernah kusuruh  menyamak kulit dan belum sempat membayar ongkosnya  tapi Ayahmu sudah meninggal maka terimalah uang ini sebab engkau ahli warisnya.denagn hati gembira Ali menerimanya .Tentu Fatimah merasa gembira  memperolah rezqi yang tdak di sangka-sangka. Kemudian Ali bergegas kepasar untuk membeli keperluan sehari-hari,namun sebelum masuk kepasar Ali bertemu seorang fakir menadahkan tangan.Ali ingat firman Alloh  siapa yang menghutangkan hartanya untuk jalan Alloh  maka Alloh akan membalasnya .tanpa pikir panjangAli langsung memberikan seluruh uang itu ke orang tersebut.

Kemudian  waktu pulang  Fatimah heran melihat suaminya tidak membawa apa-apa Ali pun menceritakan kejadian yang dialaminya Fatimahpun tetap tersenyum..dan berkata. “Keputusan kanda  benar lebih baik kita menghutang kepada Alloh dari pada harus mempunya sifat bahil yang di murkai Alloh dan menutup pintu syurga buat kita”

Kejadian tersebut menunjukan bahwa kita di tuntut untuk memahami cara kerja Alloh SWT.bahwa rezqi itu bisa dating tanpa di undang dan bisa pergi tanpa di usir oleh karena itu kita jangn gusar  untuk memikirkan rezqi.semua yang kita lakukan pergi pagi pulang di malam hari niatkan mencari rezqi  semata-mata untuk beribadah dengan ikhlas mengharapkan ridho  Alloh SWT.

Kita perhatikan firman Alloh.. “ sesungguhnya Alloh melapakan rezqi kepada siapapun yang Alloh kehendaki dan menyempitkannya .sesungguhnya Dia Maha mengetahu dan Maha Melihat hamba-hambaNya.(Al -isro 30)

Maaf jika ada yang kesalahan dalam saya menyampaikan tapi inilah yang aku ketahui dan niat untuk menasehati diri pribadi .sampaikan ilmu yang kau miliki walupun hanya satu kata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: